Tips Menghindari Lowongan Kerja Penipuan

Newestjob.id, Mungkin dari sobat Newest Job Indonesia selalu melihat iklan lowongan kerja di media sosial? Meskipun begitu tetap selalu hati – hati dengan loker penipuan ya. seperti contoh email tujuan yang digunakan untuk melamar yang kalian pikir sangat mencurigakan.

Mengapa mencurigakan? Seperti biasanya, Kalo perusahaan Perseroan Terbatas (PT) maka at least mereka pasti menggunakan domain dotcom, dotid, dotco.id. Secara yang paling banyak digunakan ialah ketiga domain tersebut.

Kasus yang banyak ditemukan pada media sosial yang dimana calon pekerja sudah mengirim lamaran kerja ke loker penipuan. Pada beberapa hari kemudian, penipu tersebut menelpon pelamar bahwasanya dikatan lulus kemudian si penipu menyuruh transfer uang untuk biaya travel dan akomodasi.

Foto: UNSPLASH/Christina-Wocintechchat

Hal tersebut yang kami sarankan agar kita yang sebagai pelamar kerja agar lebih berhati – hati sebelum melakukan melamar kerja. Temukan informasi seputar lowongan kerja dari sumber yang terpercaya. Seperti contoh situs Newestjob.id memberikan informasi lowongan kerja di Indonesia. Namun sobat Newestjob dapat juga untuk mencari informasi lowongan kerja dari portal website lainnya. Maka dari itu perusahaan penting untuk menggunakan email domain agar pelamar lebih percaya dan yakin untuk melamar lowongan kerja pada posisi yang dibuka pada perusahaan.

Ada yang belum paham apa itu Domain? Domain adalah sebuah situs atau URL yang sudah didaftarkan oleh user ke provider. Mereka menyewa nama tersebut (Domain) sebagai identitas untuk digunakan sebagai profile company, portfolio, ecommerce, dll.

Seperti contoh ketika Sobat Newestjob ingin melamar, pasti selalu melihat email sebagai berikut:

hr@blabla.com atau recruitment@blabla.co.id

Domain .com adalah secara umum digunakan namun .id adalah domain yang memperlihatkan identitas negara (ID) yaitu indonesia, Apabila .co.id adalah identitas ID yang sudah memiliki identitas seperti CV maupun PT karena registrasi domain .co.id tersebut harus melampirkan sertifikat pendirian badan hukum ke provider. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan yang menggunakan domain .com maupun .id pun biasanya sudah berbadan hukum yaitu CV maupun PT.

Siapa yang dimaksud provider? Perusahaan provider yang dimaksud ialah perusahaan domain seperti Hostinger, Niagahoster, Godaddy (International), Dewaweb, Rumahweb, dll

Semoga informasinya bermanfaat yaa! Dan happy weekend untuk Sobat Newest Job Indonesia 🙂

 

 

 

Writter: Dewa Agung Wisnu

Editor: Dewa Agung Wisnu

Tips

Leave a Reply