Pengertian Dan Tugas Data Analyst

Newestjob.id, Salah satu pekerjaan di bidang Data Analyst di era serba online ini sedang banyak diperbincangkan. Pada era serba online atau digital ini banyak orang bertransisi untuk mempelajari hal – hal baru dengan internet.

Salah satu tugas dari seorang Data Analyst yaitu menganalisis sebuah data yang ada untuk dilakukannya observasi pada bisnis perusahaan. Sebenarnya, tugasnya secara teknis dapat dikatakan cakupannya sangat luas.

Berikut tugas dan tanggung jawab dari seorang Data Analyst seperti dikutip melalui GoKampus:

Apa Sih Tugas Data Analyst?

  1. Mengumpulkan data
    Ini tugas utama dan paling mendasar dari seorang data analyst yaitu mengumpulkan data. Kamu bisa memulainya dengan ,endapatkan data dari database perusahaan atau mengekstraknya dari sumber eksternal untuk melakukan penelitian dan analisis lebih lanjut.
  2. Membersihkan data
    Sebelum memulai analisis, data analyst harus melakukan proses pembersihan data yang menyeluruh. Analisis yang baik bertumpu pada data yang bersih. Pembersihan melibatkan penghapusan data yang dapat mengganggu analisis kamu atau tidak sesuai dengan tujuan dari analisismu.
  3. Berpikir logis dan analitis
    Saat melakukan analisis data, data analyst mengikuti proses evaluasi data menggunakan penalaran analitis dan logis untuk memeriksa setiap komponen data yang ada. Biasanya menggunakan alat statistik untuk menganalisis dan menafsirkan data. Di sini, ada berbagai alat dan bahasa pemrograman yang biasanya data analyst untuk membantunya mengerjakan analisisnya.
  4. Menemukan tren, korelasi, dan pola
    Setelah data siap untuk dianalisis, data analyst bertugas untuk menemukan tren, korelasi, dan pola dalam kumpulan data yang rumit. Di sini, data analyst mencari tren jangka pendek dan jangka panjang. Nantinya, hasil dari temuan ini dapat memahami gimana kinerja suatu bisnis dan memprediksi praktik bisnis saat ini. Lewat temuan ini, perusahaan atau lembaga dapat membenahi atau mengambil keputusan yang diperlukan bagi keberlangsungan perusahaan atau lembaga.
  5. Terampil dalam presentasi juga salah satu tugas data analyst
    Jika kamu berpikir seorang data analyst hanya akan berdiam diri di depan komputer. Maka perkiraanmu salah besar. Seorang data analyst harus mampu berkomunikasi dengan baik. Bahkan dituntut mampu menceritakan kisah yang menarik dengan data sangat penting untuk menyampaikan maksud dari analisismu dan mempertahankan gagasanmu. Karena itu, visualisasi data cukup diperlukan juga. Data analyst, umumnya, menggunakan bagan dan grafik yang menarik dan berkualitas tinggi untuk mempresentasikan temuannya dengan cara yang jelas dan ringkas.
  6. Teliti dalam penyimpanan
    Data analyst harus memastikan bahwa penyimpanan, ketersediaan, dan koherensi data yang disimpan secara elektronik memenuhi kebutuhan organisasi. Data analyst perlu memiliki keahlian teknis mengenai model data, pengembangan desain database untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Apa Saja Tanggung Jawabnya Data Analyst?
Selain tugas, ada juga tanggung jawab yang harus kamu penuhi jika kelak menjadi seorang data analyst di suatu perusahaan atau lembaga. Ini tanggung jawab yang perlu kamu kerjakan:

  1. Menganalisis dan menafsirkan kumpulan daya yang berkaitan dengan bisnis perusahaan
  2. Menyediakan panduan dan pemetaan terkait sektor dan pesaing di bidang bisnis tersebut.
  3. Merancang dan melaksanakan survei dan menganalisis data survei.
  4. Memantau dan mengaudit kualitas data.
  5. Memperhatikan algoritma yang berpusat pada pelangaan dan menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan dari bisnis tersebut.
  6. Melakukan penelitian dan analisis data konsumen.
  7. Bekerja sama dengan klien internal dan eksternal untuk memahami konten data.
  8. Membuat dashboard data, grafik, dan visualisasi.
  9. Membantu menerjemahkan data ke dalam visualisasi, metrik, dan tujuan.
  10. Mengembangkan manajemen arsip yang baik.

Writer & Editor: DAW

Baca Juga:  Bahaya untuk Kesehatan Mental, Ini Tanda Lingkungan Kerja Toxic

Tips

Leave a Reply