Perbedaan Daily Worker Dan Part Time

Newestjob.id, Kerja part time di Indonesia masih kian diminati oleh masyarakat terutama seseorang yang lagi duduk dibangku perkuliahaan ataupun yang sudah bekerja di perusahaan namun ingin untuk mengasah skillnya kembali maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba part time. Dilansir dari halaman lovelyristin, Berikut perbedaan Daily Worker dan Part Time. Yuk disimak!

Pengertian Kerja Part Time

Kerja part time atau kerja paruh waktu adalah pekerjaan yang memiliki waktu tidak mengikat atau yang biasa disebut fleksibel. Jika pekerjaan full time dapat menghabiskan waktu sekitar 40 jam per minggu di kantor, sedangkan pekerjaan lepas memiliki waktu yang lebih sedikit yakni hanya sekitar 4 sampai 6 jam per hari, tergantung jenis pekerjaan lepas. Kamu harus membuat perjanjian pekerjaan lepas yang sesuai dengan jadwal yang kamu miliki serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berbeda dengan kerja penuh waktu, enaknya kerja paruh waktu adalah kamu tidak terikat penuh pada peraturan perusahaan.

Perbedaan Pekerjaan Freelance, Part Time, dan Magang

Sebagian orang masih bingung tentang perbedaan pekerjaan part time, freelance, dan magang. Pekerjaan magang adalah pelatihan kerja yang bertujuan untuk menjadi syarat kelulusan sarjana atau memang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengalaman kerja sebelum lulus kuliah.

Pekerjaan freelance adalah pekerja paruh waktu yang tidak terikat kontrak kerja panjang. Pekerja freelance biasanya tidak diwajibkan untuk datang ke kantor, sedangkan pekerjaan paruh waktu biasanya mengharuskan para pekerjanya untuk tetap datang ke kantor.

Kalau kamu mahasiswa, Lifepal punya rekomendasi part time buat mahasiswa, lho!

Apa itu Part Time?

Kerja part time merupakan pekerjaan yang memiliki waktu fleksibel. Karena rata-rata pekerja full time akan menghabiskan sekitar 40 jam per minggu di kantor. Sedangkan, pekerja part time memiliki waktu yang lebih sedikit, yaitu biasanya per hari membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam, tergantung jenis pekerjaannya. Tipe pekerja ini tidak memiliki kontrak kerja seperti pegawai tetap di kantor. Dan kamu bisa membuat kesepakatan dengan orang yang memberikan pekerjaan. Contoh masalah upah yang dibayarkan dan juga fasilitas-fasilitas yang mungkin akan didapat. Disarankan untuk menanyakan hal itu secara jelas agar nantinya tidak terjadi masalah yang justru merugikan kamu.

Baca Juga:  Hari Buruh 2022, Serikat Pekerja Tuntut 5 Hal ke Pemerintah

POIN PENTING

  • Ada banyak pekerjaan paruh waktu untuk siswa di perguruan tinggi, mulai dari pekerjaan belajar di kampus hingga pekerjaan berbayar di bisnis lokal.
  • Pekerjaan paruh waktu terbaik untuk mahasiswa fleksibel dan terkait dengan bidang studi yang diinginkan siswa, memungkinkan mereka menghasilkan uang dan mendapatkan lebih banyak pengalaman di bidangnya.
  • Beberapa pekerjaan paruh waktu terbaik termasuk menjadi asisten administrasi, mengasuh anak, mengajar, atau bekerja sebagai instruktur kebugaran.

Gaji Daily Worker Hotel Semua Bidang

Setiap bidang pekerjaan daily worker hotel memiliki besaran gajinya masing-masing. Ini dia besaran gajinya:

1. Gaji Daily Worker Runner

Runner merupakan petugas yang bekerja untuk melengkapi towel, mengumpulkan linen dan menghitung jumlahnya, memberikan gues amenities, kemudian menangani keperluan tamu di housekeeping. Sebagai seorang runner, tentunya harus selalu sigap dan mempersiapkan mental yang kuat. Jam kerja dari runner yaitu mulai dari pukul 3 pagi sampai 11 malam dan dibagi menjadi beberapa shift.

Jika bekerja sebagai daily worker runner, maka akan masuk pada salah satu shift. Kemudian, tidak bekerja secara penuh setiap harinya. Mungkin hanya aktif selama 3 hari saja selama satu minggu. Berapa besaran gaji yang diterima? Berkisar Rp. 70.000 – Rp. 80.000 setiap harinya.

Baca juga : Nama Posisi atau Bagian Kerja Di Hotel dan Struktur Organisasinya

2. Gaji Daily worker Banquet

Banquet merupakan petugas yang bergerak dalam bidang perjamuan untuk perayaan khusus seperti meeting,pesta,seminar, wedding dan yang lainnya. Banquet memiliki tugas untuk bisa melakukan preparation sebelum acara tersebut berjalan dengan baik. Termasuk dengan perjamuan makanan dan minuman yang nantinya akan diberikan.

Lalu, berapa gaji dari daily worker banquet? Berkisar Rp. 90.000 – Rp. 100.000 per harinya. Untuk melakukan setting ini, biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Karena memang setting yang dibutuhkan tidak sedikit dan rumit. Sebagai contoh, banquet melakukan setting perjamuan wedding dengan 500 pengunjung. Dengan pengunjung yang besar tersebut, harus dilakukan setting yang tepat agar bisa berjalan lancar.

Baca Juga:  Susahnya Ketemu Pelamar Kerja yang Punya Kelakuan Begini, Jadi Ujian Hidup bagi HRD

3. Gaji Daily worker Waitress

Waitress memiliki peran untuk membantu sebagai pelayanan kepada tamu hotel. Pelayanan yang diberikan yaitu mencatat pesanan makanan dan minuman dari tamu. Kemudian, nanti jika sudah siap bisa diantarkan ke tempat dari pelanggan tersebut. Menjadi seorang waitress tidaklah mudah. Karena harus selalu bersikap baik dan siap mental.

Kata waitress bertugas menjadi pelayanan dari tamu yang akan mempengaruhi image hotel tersebut. Berapa gaji seorang daily worker waitress? Umumnya berkisar Rp. 75.000 – Rp. 85.000 dalam satu kali shiftnya. Namun, jika pada hari-hari tertentu yang ramai pengunjung maka bisa mencapai RP. 80.000 – RP. 90.000 per harinya.

Baca juga : Tugas Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

4. Gaji Daily Worker Front Office

Bagian pekerjaan yang cukup penting bagi sebuah hotel yaitu Front Office. Dimana, bagian ini bertugas sebagai garda terdepan dalam menerima tamu. Sebisa mungkin, para pekerja harus memberikan image yang baik kepada para pelanggannya. Front office juga bekerja mencatat proses check-in, check-out. Melakukan penawaran produk dan membantu pelanggan.

Pekerjaan front office cukup banyak yang tersedia dalam daily worker. Untuk gajinya sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp. 85.000 – Rp. 95.000 setiap harinya.

Hitungan ini berjalan sesuai dengan shift yang dijalankan. Hanya saja, untuk daily worker Front Office mungkin dibutuhkan hanya 2 atau 3 kali dalam seminggu sebagai pengganti pekerja front office utama yang libur.

5. Gaji Daily Worker Cook

Setiap harinya, hotel selalu menyajikan hidangan yang terbaik kepada para pelanggannya. Pekerjaan seorang yang memasak untuk makanan hotel ini tidak bisa ditinggalkan. Solusinya, dengan memilih seorang untuk menjadi daily worker cook. Tugasnya yaitu menyediakan makanan sesuai yang dibutuhkan.

Baca Juga:  CPNS 2023 Akan Dibuka September Ini Lho! Cek Info Selengkapnya

Pekerjaan memasak tentu tidaklah mudah. Tidak heran, jika gaji para pekerja tetapnya cukup tinggi. Sedangkan, untuk para daily worker setiap harinya akan dibayar berkisar Rp. 100.000 – Rp. 120.000. Gaji tersebut bisa saja naik jika ternyata pengunjung lebih banyak dari hari biasanya.

6. Gaji Daily Worker Hotel Engineering

Tugas seorang engineering yaitu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan peralatan. Seperti memperbaiki kerusakan mesin pemasak, kerusakan listrik, Ac yang tidak bekerja ataupun yang lainya.

Seorang engineering dituntut harus paham terhadap banyak permasalahan di sekitar hotel. Karena, permasalahan yang muncul harus segera dilakukan penyelesaian.

Berapa gaji yang diperoleh oleh pekerja daily worker engineering? Yaitu berkisar Rp. 125.000 – Rp. 140.000 setiap harinya selama 8 jam kerja penuh. Dengan gaji tersebut, seorang engineering memiliki tanggung jawab yang besar.

Karena, jika permasalahan tidak segera selesai maka akan berpengaruh pada hal yang lainnya. Jadi, diharuskan untuk bisa menyelesaikannya.

 

 

 

 

Sumber: LOVELYRISTIN

News

Leave a Reply