Pengertian KOL dan Fungsinya dalam Marketing yang Harus Anda Tahu

Newestjob.id, KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leaders. Strategi ini belakangan digunakan oleh banyak perusahaan berkat maraknya bisnis melalui media sosial. Jadi, apa sebenarnya Key Opinion Leaders itu? Apakah memang memberikan hasil yang signifikan terhadap pemasaran? Informasi di bawah ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut:

Pengertian

KOL adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh terhadap orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan dan menyukseskan strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan. Key Opinion Leaders biasanya merupakan seseorang yang memiliki pengaruh besar dan dikenal oleh banyak orang, seperti selebriti, influencer, ahli dalam bidang tertentu, dan sejenisnya.

Mereka diajak bekerja sama oleh perusahaan sebagai media pemasaran produk mereka supaya tingkat penjualan dapat lebih meningkat. Kehadiran orang yang sudah dikenali tentu mampu mendongkrak reputasi brand sekaligus memberikan perubahan yang signifikan bagi penjualan dibandingkan dengan yang belum dikenali.

Namun, dalam memilih KOL juga tidak bisa dilakukan secara asal. Perusahaan harus memilih seseorang yang memang ahli dalam bidangnya, sehingga pengetahuan yang dimilikinya akan terdengar lebih relevan bagi konsumen. Sebagai contoh Anda menjual suplemen kesehatan, maka ajaklah seorang dokter atau ahli kesehatan yang memang kesehariannya bergelut di bidang tersebut.

Media sosial dianggap sebagai wadah yang tepat untuk menerapkan strategi ini, karena hampir semua masyarakat kini sudah menggunakan platform media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis KOL

Key Opinion Leaders dapat dikategorikan menjadi lima jenis berdasarkan jumlah pengikut (follower) mereka di media sosial. Kelima jenis KOL adalah sebagai berikut:

  • Nano influencer: memiliki 1.000-10.000 followers
  • Micro influencer: memiliki 10.000-50.000 followers
  • Mid tier influencer: memiliki 50.000-500.000 followers
  • Macro influencer: memiliki 500.000-1.000.000 followers
  • Mega influencer: memiliki lebih dari 1.000.000 followers

Semakin tinggi jumlah pengikut yang dimiliki oleh KOL, semakin bernilai pula kemampuan mereka untuk memasarkan suatu produk pada konsumen.

Cara Memilih KOL yang Tepat

Foto: Freepik

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, memilih Key Opinion Leaders tidak bisa asal dilakukan. Ada beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan untuk bisa memilih KOL yang tepat sesuai dengan strategi pemasaran Anda. Cara memilih KOL adalah sebagai berikut:

1. Relevan Terhadap Brand Anda

Faktor utama untuk Anda pertimbangkan tentu saja memakai KOL yang memang berkaitan dengan brand Anda. Contohnya saja bisnis Anda bergerak di bidang olahraga, maka tidak mungkin untuk memakai KOL yang sama sekali tidak memiliki keahlian di bidang tersebut. Anda harus memilih seseorang yang memang sudah berkompeten di bidang olahraga, seperti atlet, karena orang tersebut berkaitan erat dengan olahraga dalam kehidupannya.

2. Mempunyai Beragam Akun Media Sosial

Pilihlah Key Opinion Leaders yang memiliki akun media sosial beragam, karena saat ini sebagian besar orang memiliki banyak akun di berbagai media sosial. Jadi, pastikan Anda mencari key opinion leader yang aktif menggunakan beragam media sosial, terutama yang populer dan memiliki banyak pengguna, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tik Tok.

3. Memiliki Banyak Follower

Meski bukan faktor penting, tapi jumlah follower tetap berpengaruh terhadap kesuksesan strategi marketing Anda. Terutama jika berhubungan dengan banyaknya brand awareness Anda yang akan dipromosikan oleh KOL pilihan Anda. Maka, dalam memilih KOL, cari tahu dulu jumlah follower yang dimiliki di akun media sosial mereka. Selain itu, Anda juga harus menelusuri akun-akun pengikutnya supaya terhindar dari akun robot atau palsu yang tidak akan memberikan dampak positif pada bisnis Anda.

4. Memiliki Reputasi Offline yang Positif

Dikenal di dunia maya tidak cukup untuk menjadi KOL yang tepat, tapi juga harus mempunyai reputasi nyata yang positif. Karena pada dasarnya tujuan memakai KOL untuk pemasaran adalah untuk meningkatkan brand awareness produk perusahaan Anda.

Apalagi saat ini dunia maya bisa menjadi ajang pencitraan, dimana antara kehidupan nyata dan yang terlihat di media sosial bisa bertolak belakang. Oleh karena itu, Anda perlu mengidentifikasi dengan baik kehidupan seorang KOL sebelum memilihnya untuk memasarkan brand Anda.

Fungsi KOL

Memakai key opinion leaders untuk strategi pemasaran Anda dapat memberikan beragam manfaat. Di antara manfaat KOL adalah sebagai berikut:

1. Membantu Promosi Produk atau Brand

Ketika seorang KOL melakukan social media marketing di akunnya, artinya ia sedang membantu proses promosi produk atau brand Anda. Dengan banyaknya follower yang ia miliki, maka kemungkinan bisnis Anda dikenal banyak orang pun akan semakin besar. Mereka yang tertarik akan membuka akun bisnis Anda untuk mencari tahu lebih jauh tentang produk-produk yang Anda jual. Selanjutnya, bukan tidak mungkin akan terjadi proses transaksi dalam bisnis Anda.

2. Meningkatkan Kredibilitas Brand

KOL bukanlah sembarang orang yang dikenal banyak orang begitu saja, tapi ia sudah berpengalaman dalam suatu bidang. Jadi dengan menggunakan KOL dalam marketing, kredibilitas brand Anda pun mampu mengalami perubahan yang positif. Calon konsumen yang melihat promosi dari KOL Anda tentu dapat lebih mudah percaya dan terpengaruh terhadap rekomendasi tersebut untuk akhirnya memilih brand Anda dibandingkan dengan kompetitor.

3. Menambah Jumlah Pelanggan

Ketika kredibilitas brand Anda meningkat, maka jumlah pelanggan pun pasti turut mengalami peningkatan. Selain berkat pemasaran yang dilakukan oleh KOL di media sosialnya, peningkatan jumlah pelanggan juga bisa diperoleh dari ulasan positif yang disampaikan pelanggan kepada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, pelanggan baru Anda bisa berdatangan dari segala arah.

 

 

 

 

 

 

Sumber: QISCUS

News

Leave a Reply