Definisi Co-Founder, Tanggung Jawab, Keterampilan

Newestjob.id, Apa itu Co-Founder? Co-founder adalah mitra yang bekerja dengan pendiri yang seharusnya menjadi yang pertama. Tetapi bagian yang menjadi pendiri dan salah satu pendiri dikembalikan ke pihak yang berkepentingan. Ada dua pandangan, yang pertama: untuk pendiri atau pencetus usaha yang bekerjasama dengan founder. Co-founder ini merupakan orang ke-2, ke-3, dst sebagai pendamping si Founder yang disebut orang ke-1. Kedua: hanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki dua orang pendiri, yang satu jadi Founder dan satunya lagi jadi Co-Founder.

Perbedaan Founder dan Co-Founder

Founder biasanya adalah orang yang menggagas ide dari bisnis tersebut. Tetapi, orang tersebut bisa saja tidak mempunyai kemampuan dalam mengurus keuangan atau sumber daya manusia atau bahkan kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh founder tersebut. Disinilah tugas Co-Founder bekerja. Ia akan mengisi kekurangan yang dimiliki oleh Founder tersebut.

Tanggung Jawab Co-Founder

Co-Founder memiliki beberapa tanggung jawab yang di antara lain adalah mengidentifikasi peluang pasar, mengembangkan produk dalam bentuk final, membimbing jajaran direktur, memproyeksikan visi, berfokus pada Indikator Kinerja Utama, dan juga mengambil keputusan akhir.

Keterampilan Co-Founder

Co-Founder harus memiliki beberapa keterampilan yang dapat membantu menjalankan bisnis, antara lain keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah.

 

 

 

 

 

Sumber: KAMUS TOKOPEDIA

Baca Juga:  Apa Tujuan Karir Anda? Ini 10 Contoh Jawaban yang Paling Tepat saat Interview Kerja

Development

Leave a Reply