Apa Itu CSR? Ini Fungsi, Jenis, Tujuan, Contoh, dan Manfaatnya

Newestjob.id, Corporate social responsibility atau CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan di dunia usaha atau industri sebagai rasa tanggung jawab. Tanggung jawab itu akan ditujukan untuk sosial maupun lingkungan sekitar.
Pengertian CSR
Apa itu CSR? pengertian CSR adalah sebuah fenomena dan strategi yang digunakan perusahaan, untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya.

CSR adalah konsekuensi dari kenyataan, bahwa lembaga atau organisasi selain berdimensi ekonomi juga berdimensi sebagai institusi sosial, demikian dikutip dari buku bahan ajar Kemdikbud bertajuk ‘Corporate Social Responsibility (CSR) oleh BP-PAUD dan Dikmas.

Fungsi CSR adalah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sosial dan lingkungan, bagi para pelaku usaha atau industri. Dalam konteks PR (Public Relations), tanggung jawab sosial perusahaan akan diimplementasikan dalam program dan kegiatan Community Relations.

Dana CSR

Dana CSR bisa digunakan untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat. Fasilitas tersebut khususnya untuk masyarakat , yang berada sekitar dunia usaha atau industri tersebut berada.

Jenis-jenis CSR

Jenis CSR yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

Upaya Lingkungan

Fokus utama yang biasa menjadi tanggung jawab CSR perusahaan adalah terhadap lingkungan sekitar mereka.

Filantropi

Perusahaan akan menunjukan tanggung jawab mereka dengan menyumbangkan uang.

Praktik Kerja Etis

Perusahaan hendaknya selalu memperlakukan karyawan mereka dengan etis dan adil, dengan begitu perusahaan akan dianggap telah menunjukan tanggung jawab sosial mereka.

Sukarelawan (Volunteer)

Perusahaan dapat menunjukan itikad baik mereka, dengan menghadiri acara sukarela. Perusahaan berbagi kepedulian mereka, untuk masalah yang bersifat spesifik dan komitmen pada organisasi tertentu.

Tujuan CSR

Adapun tujuan CSR adalah sebagai berikut:

1. Mengharapkan izin sosial untuk beroperasi (social licence to operate).

2. Peluang mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari masyarakat.

3. Memperbaiki hubungan dengan stakeholders.

4. Membuat pengurangan (mereduksi) risiko usaha dunia.

5. Memperbaiki hubungan dengan regulator.

6. Membentangkan akses menuju market yang lebih luas.

7. Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan.

8. Melebarkan akses sumber daya.

Contoh CSR

Baca Juga:  HRD Marah-marah Saat Nyeleksi Kandidat Pelamar Kerja itu Maksudnya Gimana Sih, Sob?

Contoh perusahaan yang melakukan CSR adalah PT PLN (Persero). PLN bertekas untuk menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dikutip dari buku ‘Public Relation’ karya M.Fikri Akbar dkk, contoh CSR yang dilakukan PLN adalah diantaranya:

Menyusun dan melaksanakan program kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan

Memastikan tersedianya program pelestarian alam, termasuk penghijauan dan upaya pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip good corporate governance

Menyusun dan melaksanakan kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan, dengan lingkup kegiatan community relation, community services, community empowering, dan pelestarian alam.

Manfaat CSR bagi Masyarakat

Mampu untuk lebih menguatkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi, kelembagaan sosial, dan memperkecil terjadinya konflik sosial.

Membuka ruang kerja dan kesempatan, untuk pengetahuan maupun keterampilan bagi masyarakat sekitar (sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat).

Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, di sekitar dunia usaha atau industri.

Meningkatkan kemandirian masyarakat untuk berusaha.

Turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, dengan menggunakan pekerja yang berasal dari sekitar dunia usaha atau industri.

Melalui CSR akan tercipta hubungan antara pemerintah, lembaga kursus atau pelatihan, serta dunia usaha atau industri dalam mengatasi berbagai masalah sosial.

Manfaat CSR bagi Perusahaan

Meningkatkan citra perusahaan

Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain

Memperkuat brand merek perusahaan dimata masyarakat

Membedakan perusahaan tersebut dengan pesaingnya

Memberikan inovasi bagi perusahaan

Demikian penjelasan pengertian CSR, jenis, fungsi, tujuan, dan manfaatnya bagi masyarakat dan perusahaan. Semoga bisa menambah pengetahuan detikers semua ya!


 

 

Sumber: DETIK FINANCE

Development

Leave a Reply