8 Hard dan Soft Skill yang Harus Kamu Kuasai di Tahun 2022

Newestjob.id, Ingin segera mendapatkan pekerjaan impian? Salah satu kuncinya adalah memiliki hard dan soft skill yang dibutuhkan industri di 2022.

Dalam laporan WEF disebutkan bahwa 50% kebutuhan skill di tempat kerja akan berubah hingga tahun 2025 mendatang. Hal itu disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin memengaruhi dunia kerja.

Kandidat dengan skill yang berhubungan dengan teknologi memang semakin dicari oleh perusahaan. Namun, tak hanya itu karena ada beragam jenis hard dan soft skill yang juga tetap dibutuhkan di tahun 2022.

Di lansir dari Glints, Berikut contoh hard dan soft skill yang dibutuhkan pada tahun 2022

Foto: Freepik

Hard skill menurut Investopedia adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui beragam latihan atau pendidikan.

Selain itu, hard skill juga berhubungan langsung dengan pekerjaan yang dijalani. Karena itu, hard skill yang dibutuhkan di tiap jenis bidang pekerjaan cukup berbeda.

Misalnya, hard skill yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang IT dan marketing tentunya tidak sama.

Agar sukses di bidang IT harus memiliki hard skill seperti memahami beberapa bahasa pemrogaman. Sementara itu, hard skill di bidang marketing misalnya harus paham SEO, email marketing, dan A/B testing.

Lantas, apa contoh hard skill yang dibutuhkan di tahun 2022? Melansir Michael Page ada dua jenis hard skill yang harus dimiliki setiap karyawan, yaitu:

1. Literasi teknis

Di tahun 2022 pekerjaan akan lebih bergantung dengan komputer dan teknologi lainnya. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki literasi mengenai teknologi.

Tidak perlu harus memahami semua hal tentang teknologi. Namun, paling tidak pahamilah apa saja tools yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga:  Beredar Jadwal Seleksi CPNS 2023, Ini Bocorannya

Contohnya, kamu bekerja sebagai seorang sales, maka harus mengetahui apa saja jenis tools sales yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, selalu cari tahu juga contoh tools terbaru yang bisa berguna untuk menunjang pekerjaan.

Dengan selalu update, pastinya kamu bisa bertahan di tengah lingkungan kerja yang kompetitif.

2. Analisis data

Analisis data tak hanya perlu dipahami oleh mereka yang bekerja di industri teknologi. Saat ini penting bagi setiap karyawan di industri apa pun, supaya memahami data dan cara menganalisisnya.

Data memang telah menjadi bagian penting dari banyak perusahaan. Dari data-data tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan penting bagi perusahaan.

Itulah mengapa analisis data kini menjadi salah satu jenis hard skill yang perlu dipelajari. Pasalnya, kebutuhan akan data akan terus meningkat hingga beberapa tahun mendatang.

Nah, untuk mendapat ilmu seputar analisis data, kamu bisa membaca artikel dari Glints terkait jenis-jenis analisis data yang harus dikuasai. Yuk, baca artikelnya dengan klik tombol di bawah ini!

3.  Cloud Computing

Teknologi yang semakin berkembang membuat banyak perusahaan  mulai menggunakan cloud computing dan beralih dari layanan infrastruktur server.

Perusahaan memilih mencadangkan data yang dimilikinya ke cloud. Karena itu, kebutuhan akan tenaga kerja yang memahami soal cloud computing semakin meningkat.

Keterampilan seputar cloud computing yang paling banyak dicari di antaranya Microsoft Azure, Docker DevOps, dan Kubernetes untuk cybersecurity.

4. Produksi Video

Video saat ini memang telah menjadi salah satu jenis konten yang paling banyak disukai oleh audiens.

Bahkan, menurut HRForecast video akan menyumbang 82% dari traffic internet secara global di tahun 2022, naik 7% dari tahun 2018 lalu.

Baca Juga:  HRD: Tugas, Fungsi, Dan Yang Disiapkan Untuk Kariernya

Jadi, perusahaan akan tetap terus memproduksi konten video sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk memikat audiens.

Karena itu, mereka akan memerlukan banyak karyawan yang memiliki skill untuk memproduksi video.

Soft Skill yang Dibutuhkan di 2022

Foto: Freepik

Tidak hanya harus memiliki hard skill, kamu akan menjadi kandidat yang dicari perusahaan pada 2022 jika memiliki serangkaian soft skill berikut ini.

1. Berpikir analitis dan inovasi

Menurut Amazing People, kemampuan yang satu ini akan membantu kamu untuk memahami suatu masalah dan memunculkan ide-ide baru untuk mengatasi problem tersebut.

Kemampuan ini juga akan terus dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang. Hal itu disebabkan seseorang yang mampu berpikir analitis akan lebih mudah untuk menganalisis suatu masalah.

Setelah itu, mereka akan mencari pendekatan-pendekatan untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi tersebut.

2. Adaptasi

Karyawan dengan skill adaptasi yang baik akan lebih mudah bertahan di lingkungan kerja yang kompetitif.

Selain itu, dengan kemampuan adaptasi yang baik maka kamu tidak akan mudah menyerah oleh keadaan. Misalnya, kamu harus berpindah tim atau mendapatkan jenis tugas yang baru.

Kamu pasti akan dengan mudah untuk beradaptasi dan mempelajari hal-hal baru tersebut. Dengan begitu, produktivitasmu di tempat kerja tidak akan terganggu.

3. Kreativitas

Orang-orang yang kreatif pasti akan selalu dicari oleh perusahaan. Namun, kreativitas di sini bukan hanya sekadar mampu membuat karya seni yang kreatif, ya.

Akan tetapi, kreativitas dalam berpikir dan melihat sesuatu secara berbeda untuk membuat ide-ide baru yang orisinal, melansir CareerWave.

Jadi, saat kamu memiliki soft skill yang satu ini, tentu akan lebih mudah bagimu untuk mencari ide-ide terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga:  Mengenal Pengertian Purchasing Serta Tugas Dan Prosesnya

4. Emotional Intelligence

Emotional intelligence atau kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan untuk memahami dan mengatur emosi diri sendiri dan orang lain.

Saat kamu memiliki kemampuan yang satu ini tentu akan lebih mudah dalam menunjukkan empati kepada orang lain. Jadi, kamu tahu apa yang harus dikatakan, kapan harus mengatakannya, dan bagaimana menghargai pendapat orang lain.

Seseorang yang cerdas secara emosi akan lebih mudah bekerja sama dengan orang lain. Tak hanya itu saja, mereka juga seorang pemimpin yang baik karena mampu memahami apa yang dirasakan oleh karyawannya.

Itulah deretan hard dan soft skill yang akan tetap dibutuhkan di tahun 2022. Apakah kamu sudah menguasai skill yang sudah disebutkan di atas?

Tidak ada kata terlambat untuk terus belajar skill baru dan mengasah skill yang telah dimiliki. Jadi, tetap semangat untuk mengembangkan diri agar menjadi lebih baik, ya!

 

 

 

Sumber: GLINTS

Development

Leave a Reply