5 Jenis Digital Marketing yang Makin Diminati Untuk Strategi Pemasaran

Newestjob.id, Digital marketing kini diutamakan untuk strategi pemasaran seiring kemutakhiran teknologi. Strategi bisnis pun tak lagi konvensional. Mengutip buku Digital Marketing (2020), pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital.

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan teknologi digital, perangkat elektronik, Internet untuk menjangkau konsumen, seperti dikutip dari WebFX. Hal itu membedakan dengan strategi pemasaran konvensional yang menggunakan medium iklan cetak dan papan reklame. Jaringan Internet menjadi andalan untuk digital marketing membangun identitas merek dan mengembangkan pemasaran.

Pengajar marketing Southern New Hampshire University, Jessica Rogers menjelaskan, perbedaan pemasaran konvensional dan digital terkait jangkauan. Pemasaran konvensional menjangkau konsumen yang luas.

“Sedangkan digital marketing mampu mencapai audiens yang spesifik,” seperti dikutip dalam situs web Southern New Hampshire University. Rogers menjelaskan ada beberapa jenis digital marketing yang makin populer.

Berikut lima jenis digital marketing:

  • Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu jenis digital marketing yang memerinci kata dan frasa. Itu digunakan konsumen untuk mencari informasi melalui daring (online). Penerapan SEO menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang berhubungan dengan pencarian konsumen.

  • Pay-per-click (PPC) Advertising

PPC merupakan iklan berbayar yang muncul di bagian atas hasil pencarian. PPC ditandai dengan kata iklan untuk memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung dengan seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari. 

  • Social Media Marketing

Social Media Marketing berguna untuk menjaga agar posting tetap konsisten. Perangkat daring tersedia untuk menjadwalkan posting media sosial. Konsistensi bertujuan untuk mendapat laba atas investasi kampanye tertentu akan memberikan nilai bagi perusahaan.

  • Content Marketing

Content berarti posting blog, e-book, video digital, podcast yang memberikan nilai kepada konsumen. Bukan hanya memasarkan merek atau mencoba melakukan penjualan. Content marketing berguna untuk membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan. Itu bermanfaat untuk membuka peluang banyak keuntungan.

  • Influencer Marketing

Strategi digital marketing melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Itu berguna untuk memikat konsumen dan perusahaan memasarkan merek, produk, atau layanan. Influencer (jasa pemengaruh) memiliki banyak pengikut dalam media sosial. Itu berguna untuk menyebarkan produk terkait posting media sosial.

Baca Juga:  Ini Perbedaan Tugas Staff Accounting dan Staff Finance

 

 

 

Sumber: TEMPO

Development

Leave a Reply